Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM menjadi faktor yang sangat penting terhadap tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan ekonomi, hal ini karena dalam suatu proses produksi, Peran sumber daya manusia sangat vital yaitu sebagai tenaga kerja dan sekaligus sebagai pengusaha yang bertugas mengombinasikan beberapa faktor produksi dalam kegiatan menghasilkan barang maupun jasa. Selain itu, sumber daya manusia juga berperan dalam penciptaan teknologi baru dan modern untuk mendukung pekerjaan dan mengoptimalkan hasil produksi. Oleh karena itu, Jika suatu negara menginginkan tingkat pertumbuhan ekonomi dan tingkat pembangunan ekonomi  yang tinggi, maka negara tersebut harus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya terlebih dahulu. Cara meningkatkan kualitas SDM diantaranya dapat dilakukan dengan mengembangkan kualitas ilmu pengetahuan, kualitas teknologi, memberikan pelatihan keterampilan, serta membina  sikap dan pola pikir yang positif.

Faktor Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam disebut juga sebagai faktor produksi alam, SDA menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kenaikan maupun penurunan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Hal ini karena dengan ketersediaan sumber daya alam yang cukup atau bahkan berlimpah dan SDA tersebut dikelola dengan baik maka akan dapat meningkatkan pendapatan domestik bruta (PDB) suatu negara, dengan PDB yang tinggi maka dapat membuat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang tinggi atau meningkat.

Faktor Perkembangan Teknologi

Teknologi merupakan salah satu faktor penentu kenaikan atau penurunan pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan ekonomi. Hal ini karena dengan penguasaan teknologi yang baik maka akan memudahkan suatu negara dalam mengolah sumber daya alam yang dimiliki negara tersebut sehingga dapat mencapai tingkat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang tinggi. Dengan menggunakan beberapa teknologi t modern, maka proses produksi  dapat dilakukan dengan lebih cepat, dapat memproduksi barang dan jasa lebih banyak dan lebih baik serta dapat menghemat biaya produksi.

Faktor Ketersediaan Modal

Apabila suatu negara ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan ekonomi maka modal sangat diperlukan, baik modal berupa barang maupun modal berupa uang. Dalam negara berkembang, pada umumnya mempunyai ketersediaan modal yang relatif rendah. Tingkat pembentukan modal yang rendah disebabkan oleh kemampuan menabung yang masih rendah. Kemampuan menabung yang rendah disebabkan oleh rendahnya pendapatan. Pendapatan yang rendah disebabkan oleh tingkat produktivitas yang masih rendah. Tingkat produktivitas yang rendah disebabkan oleh tingkat pembentukan modal yang masih rendah, sehingga kegiatan investasi tidak dapat berkembang. Demikian seterusnya sehingga membentuk suatu lingkaran syaitan atau lingkaran syaitan kemiskinan (vicious circle) yang tidak ada putusnya dan saling berkaitan antara satu dengan lainnya.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/

About the author