Kadisdik: UNBK Belum Merata di Humbahas

Kadisdik: UNBK Belum Merata di Humbahas

Kadisdik UNBK Belum Merata di Humbahas

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) belum merata di Kabupaten Humbang

Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara dan untuk saat ini ujian di Humbahas masih menggunakan Ujian Nasional Kertas dan Pencil (UNKP) di sejumlah sekolah. Dari 45 sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Humbahas baru 19 SMP yang melaksanakan UNBK, selebihnya masih menggunakan metode lama atau UNKP.

“Itupun berbasis komputer belum mencukupi untuk semua siswa-siswi. Untuk itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau supaya di setiap kabupaten/kota maupun provinsi SMP/SMU/SMK bersinergi untuk saling melengkapi,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Humbahas Jamalin Purba kepada Reaksi, Kamis (5/4/2018).

Maksudnya, kata dia, dalam hal perangkat ataupun berbentuk jaringan atau laptop

dan komputer untuk melengkapi kekurangan tersebut.

“Guru, orang tua serta siswa-siswi yang mempunyai laptop atau komputer agar diberdayakan supaya bisa saling melengkapi. Memang untuk anggaran komputer yang dianggarkan belum mencukupi untuk pengadaan komputer/laptop tahun 2017,” ujarnya.

“Anggaran yang digunakan Rp1,2 miliar untuk pengadaan komputer 80 unit

lengkap satu set yang dibagikan untuk sekolah tingkat pertama di Kabupaten Humbahas,” jelas Kadisdik.

Dikatakan dia, untuk pengawasan UN/UNKP telah diatur supaya tidak ada kebocoran untuk mengedepankan mutu UN/UNKP yang dilaksanakan serentak pada 23 April 2018 di seluruh Indonesia

 

Baca Juga :

About the author