MediaTek Dimensity 800 Resmi Meluncur

MediaTek Dimensity 800 Resmi Meluncur

MediaTek Dimensity 800 Resmi Meluncur

MediaTek adalah salah satu pabrikan chipset yang ikut meramaikan gelaran

Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat. Ya! Dalam ajang pameran teknologi tahunan itu MediaTek memperkenalkan chipset terbarunya, Dimensity 800 5G-ready.

Dimensiy 800 adalah chipset ketiga dalam seri Dimensity yang diproduksi oleh MediaTek. Sebelumnya sudah ada Dimensity 1000L yang sudah dipakai oleh OPPO untuk OPPO Reno3 5G dan Dimensiy 1000 yang diharapkan bakal menjadi mesin penggerak smartphone ramah anggaran.

Dalam presentasinya, MediaTek menguraikan bahwa Dimensity 800 adalah solusi mid-range dengan mode 5G terintegrasi. Ya! Chipset ini sengaja dirancang untuk menghadirkan kemampuan dual-mode 5G ke dalam smartphone dengan harga yang lebih terjangkau.

Berbicara mengenai spesifikasinya, Dimensity 800 adalah chipset dengan pabrikasi 7 nm Octa-core

yang terdiri dari empat core Cortex-A76 yang memiliki clock speed 2.0 GHz dan empat core Cortex-A55 yang memiliki clock speed 2.0 GHz. Untuk grafis, chipset ini dilengkapi dengan Mali-G57 MP4.

Dukungan lainnya, MediaTek menyebutkan bahwa Dimensity 800 juga sudah dibekali dengan teknologi HyperEngine dan APU 3.0 yang menawarkan hingga 2,4 TOPS kinerja AI. Smartphone dengan chipset Dimensiy 800 di dalamnya dapat mendukung layar dengan resolusi FullHD+ dan memiliki refresh rate hingga 90 Hz.

Selain itu, perangkat yang datang dengan chipset ini bisa dibekali RAM LPDDR4x hingga 16 GB. MediaTek juga mengklaim bahwa Dimensity 800 memiliki ISP kelas unggulan karena dapat mendukung sebanyak empat kamera. Ya! Smartphone dengan Dimensity 800 bisa mempunyai kamera hingga 64 MP atau 32 MP + 16 MP.

MediaTek juga telah menyelipkan tambahan algoritma untuk fokus otomatis berbasis AI, eksposur,

white balance, pengurangan noise, pengenalan wajah khusus dan HDR untuk pengalaman fotografi yang lebih optimal. Dimensity 800 juga sudah dilengkapi kemampuan multi-frame 4K video HDR pertama di dunia.

Daya tarik lainnya, Dimensity 800 5G mengusung dukungan untuk agregasi operator 2CC yang menjanjikan jangkauan 30 persen lebih luas daripada platform lainnya yang menawarkan 1CC tanpa agregasi operator. SoC ini juga membawa dukungan multi-mode 2G/3G/4G dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

MediaTek juga sesumbar bahwa chipset barunya ini mendukung suara dan data lebih dari 5G dan dibangun untuk jaringan global 5G sub-6 GHz yang tersedia di Asia, Eropa dan Amerika Utara. Kecepatan downloadnya mencapai 3,5 Gbps dan kecepatan uploadnya mencapai 1,25 Gbps. SoC ini tidak mendukung kombinasi dual SIM 5G + 5G.

 

Baca Juga :

About the author