Mendikbud Apresiasi GTK Paud dan Dikmas Berprestasi Nasional

Mendikbud Apresiasi GTK Paud dan Dikmas Berprestasi Nasional

Mendikbud Apresiasi GTK Paud dan Dikmas Berprestasi Nasional

Acara puncak apresiasi penganugerahan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD

dan Pendidikan Masyarakat berprestasi (GTK Paud dan Dikmas) di Kota Palu, Sulawesi Tengah telah berakhir hari Jumat, (27/5/2016). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan yang hadir untuk menutup acara tersebut berpesan kepada para guru yang hadir, agar tidak cepat puas atas prestasi yang mereka peroleh saat ini. Jadikan prestasi yang mereka peroleh hingga level nasional ini menjadi pemacu dan pemicu untuk prestasi-prestasi selanjutnya.

Dalam sambutannya, Mendikbud juga mengatakan tentang kata kunci di masa depan

, yaitu meritokrasi. “Meritokrasi itu artinya menilai berdasarkan prestasi,” ujar Menteri Anies. “Di masa yang akan datang tidak ditanya lagi agama, etnis, suku, agama. Ditanyanya meritokrasi,” lanjutnya.

Mendikbud berharap meritokrasi ini bisa dijadikan sebagai dasar seleksi. Jadi jika seseorang terpilih nantinya, bukan karena faktor lain selain prestasi. “Kalau kita menerapkan meritokrasi di semua level, negara lain akan sungkan dengan Indonesia. Kenapa? Karena prestasi kita luar biasa!” tutur Anies.

Apresiasi GTK Paud dan Dikmas merupakan program tahunan yang dilaksanakan bergiliran

dari provinsi ke provinsi di Indonesia, sejak tahun 2010 perdana diselenggarakan, mencapai pelaksanaan tahun ke-10, dan tema yang diangkat, “GTK Paud dan Dikmas Mulia Karena Karya”.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Mendikbud berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang telah menjadi tuan rumah dari acara ini dengan begitu luar biasa. Anugerah GTK Paud dan Dikmas ini juga merupakan ajang penghargaan bergengsi di kalangan guru dan tenaga kependidikan (GTK) jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK Paud dan Dikmas) tingkat nasional, yang digelar sejak 22 hingga 27 Mei 2016.

 

Baca Juga :

 

 

 

About the author