PPDB 2018 Dimulai Usai Lebaran

PPDB 2018 Dimulai Usai Lebaran

PPDB 2018 Dimulai Usai Lebaran

Dinas Pendidikan (Disdiik) Kota Bogor, menetapkan Penerimaan Peserta Didik Baru

(PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019, untuk tingkat satuan pendidikan SMP Negeri akan dilaksanakan dengan dua tahap. Pelaksanaan ini akan dimulai melalui jalur kategori apirmasi (siswa prestasi non akademis, anak guru dan keterangan ekonomi tidak mampu. Sedangkan tahap kedua, penerimaan melalui jalur akademis.

Menurut rencana, pendaftaran tahap pertama akan dilaksanakan seusai lebaran yaitu, 22-23 Juni 2018.

Hal ini dikatakan Ketua Panitia PPDB 2018 Jajang Koswara saat ditemui Metropolitan, kemarin.

“Penting untuk melakukan sosialiasi terhadap aturan PPDB karena PPDB merupakan pelayanan dasar dan wajib dilaksanakan Disdik Kota Bogor,” ujar Jajang.

Potensi calon siswa pada PPDB SMPN, sambung dia, diprediksi bisa mencapai 17.598 siswa. Untuk menghadapi hal tersebut, ia menuturkan, semua ini berdasarkan aturan yang telah terbit adalah berupa detail Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB.

“Saya mengingatkan penerimaan PPDB harus sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan

dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, SMK,” bebernya.

Menurut Jajang, PPDB bertujuan untuk menjamin PPDB berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

“Jadi, PPDB ada untuk mendorong para siswa agar bisa bersekolah. Tugas pemerintah adalah memfasilitasi seluruh anak agar bisa sekolah,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/

About the author