Sistem Pencernaan Pada Manusia Fungsi

Sistem Pencernaan Pada Manusia Fungsi

Sistem Pencernaan Pada Manusia Fungsi

sistem pencernaan pada manusia fungsi dan gangguanya, sekilah jika melihat judul tersebut pikiran kita pasti lasung tertuju pada makanan ketika mendengar kata sistem pencernaan. Yupsss, betul sekali pada artikel kalai ini kita akan membahas tidak jauh dari makanan tapi bukan cita rasa kuliner tentang sebuah makanan melainkan bagaimana proses sebuah makanan yang masuk kedalam tubuh kita diproses sehingga dapat menjadi sumber energi serta memberikan nutrisi bagi tubuh.  Baik tidak usah berlama-lama langsung kita masuk ke pokok bahasan berikut ini :

  1. Pengertian Sitem Pencernaan Pada Manusia

Sistem pencernaan manusis merupakan proses memecah molekul kompleks yang terdapat dalam makanan menjadi molekus yang lebih sederhana dibantu dengan peran enzim sehingga makanan tersebut mudah dicerna. Dengan tujuam sari makan dan nutrisisnya dapat di serap secara maksimal oleh tubuh. Pada sistem pencernaan manusia memiki kemiripan dengan sistem pecernaan pada hewan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Secara umum proses pencernaan pada manusia terbagi menjadi 5 janis yaitu :

1.1    Injesti

Istilah ini mungkin sedikit asing bagi anda, akan tetapi yang pastinya kita lakukan ketika kita melakukan sedang memakan makanan. Injesti merupakan proses memasukan makanan pada mulut dengan bantuan tangan atau alat bantu lainya seperti  sedok, sumpit dll

1.2    Pencernaan Mekanik

Merupakan proses mengunyah makanan sehingga menjadi kecil-kecil dan lembut dengan tujuan agar lebih memudahkan proses pencernaan selanjutnya yaitu secara kimiawi. Ketika mengunyah makanan pada rongga mulut dilakukan dengan secara sadar atau dengan kata lain sesuai keinginan.

1.3    Pencernaan Kimiawi

Merupakan proses pemecahan molekul zat kompleks pada makanan menjadi molekul zat yang lebih sederhana dengan tujuan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Proses pencernanan kimiawi dibantu oleh enzim, asam, dan air. Berbeda dengan pencernaan mekanik yang dilakukan secara sadar pada pencernaan kimiawi dilakukukan secara tidak sadar atau dibawah lam sadar manusia.

1.4    Penyerapan

Pada proses ini terjadi gerakan nutrisi dari sistem pencernanan ke sistem pembuluh limfa dan sirkulator dengan jalan melalui transport aktif, difusi, dan osmosis.

1.5    Penyingkiran

Penyingkiran atau dengan kata lain pembuanagan adalah proses sisa material makanan yang tidak dapat dicerna dalam proses pencernanan melalui defekasi

  1. Organ Dalam Sitem Pencernaan Manusia

Secara garis besar sistem pencernanan terbagi menjadi dua yaitu saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Saluran pencernanan merupakan saluran kontinyu yang berupa tabung dan dikelilingi otot. Selauran pencernaan mencerna, memecah, serta menyerap makanan. Oragan yang termasuk saluran pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Sedangkan pada organ penceernaan tambahan merupakan pelengkap atau aksesori untuk menunjang kinerja saluran pencernanan seperti lidah, gigi, kantung empedu, kelenjar ludah, kelenjar hati, dan pankreas. Pada manusia terdapat 6 organ utama dalam istem pencernanannya yang meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan yang terakhir anus.

2.1    Mulut

Mulut adalah sebagai pintu gerbang makanan masuk kedalam tubuh kita. Didalam mulut terdapat gigi, lidah, kelenjar lidah, dan rongga mulut. Pada mulut terjadi beberapa porses pencernaan baik secara mekanik maupun kimiawi. Pencernaan secara mekanik pada mulut dilakukan dengan bantuan lidah dan gigi. Sedangkan pencernaan kimiawi dibantu dengan kelenjar ludah yang menegluarkan enzim ptialin.

Sumber : https://www.anythingbutipod.com/

About the author