SMAN 1 Bogor Gelar Lomba Semaphore

SMAN 1 Bogor Gelar Lomba Semaphore

SMAN 1 Bogor Gelar Lomba Semaphore

Ambalan, Liman Seta dan Wijaya Kusumah, Gugus Depan, 05.025. – 05.026

Pangkalan Sekolah Menengah Atas (SMA) kembali dihelat di SMA Negeri 1 Kota Bogor, Sabtu (30/8) kemarin. Lomba Semaphore tersebut diikuti oleh 417 orang anggota Pramuka Penggalang, yang berpangkalan di SMP Negeri dan Swasta.

Panitia pelaksana Michael Geraldo mengatakan, kegitan lomba Semaphore ini, diikuti oleh 15 Pangkalan persekolahan, baik dari Kota Bogor, maupun dari wilayah Kabupaten Bogor. “Lomba Semaphore yang dimaksud ini, bukan hanya ketangkasan memainkan bendera saja, tetapi Semaphore adalah singkatan dari Semarak Penggalang Raih Prestasi” katanya.

“Lomba Semaphore ini, adalah salah satu program kegiatan Ambalan Liman Seta dan Wijaya Kusumah

, Gugus Depan 05.025. dan 05.026, Pangkalan SMA Negeri 1 Kota Bogor, dimana kegiatan seperti ini, pernah dilaksanakan empat tahun yang lalu dan fakum. Baru tahun 2019 ini, kita laksanakan lagi dan rencananya, akan di jadikan agenda rutin tahununan,” sambung dia.

Kegiatan Semaphore yang dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah, bidang kesiswaan, Yusuf Sulaeman. Selain itu, lanjut Michael, diperlombakan lima mata lomba yang masing masing, kolone tongkat, senam smaphore, penggalang tangguh, cepat tepat, dan disain poster. “Untuk lomba lomba ini, ada juga pangkalan yang mengikuti semua mata lomba dan mengirimkan lebih dari satu regu” jelasnya.

“Yang lebih menantang lagi, dalam kegiatan ini, yakni, penggalang tangguh, setiap peserta

bukan saja harus mahir dalam berbagai jenis Teknik Kepramukaan (Tekpram), tetapi juga setiap perserta, dituntut untuk bisa melakukan berbagai kegiatan yang bersifat produktif, misalnya membuat daur ulang berbagai barang bekas dari sampah menjadi produk produk yang bermanfaat, serta beberapa kemahiran produktif lainnya,” jelas Michael.

Michael juga menjelaskan target utama dari kegiatan lomba Semaphore ini sebenarnya bukan hanya kejuaraan semata, tetapi kita lebih kearah mempertebal rasa persatuan dan kesatuan, lebih memperkenalkan diri dengan sesama anggota pramuka, serta kegiatan silaturahmi lainnya” kata Michael.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GNMP52P

About the author