Tidak Terpengaruh Sistem Zonasi

Tidak Terpengaruh Sistem Zonasi

Tidak Terpengaruh Sistem Zonasi

Ketika banyak sekolah swasta mengalami kekurangan siswa karena dampak sistem zonasi dalam proses  Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) 2018, namun tidak halnya dengan SDI Labschool Bani Saleh. Sekolah yang berada di Kecamatan Bekasi timur ini mengaku tidak mengalami dampak PPDB daring.

Kepala sekolah SDI Labschool Bani Saleh , Abdilah mengatakan bagi sekolah yang memiliki marketing handal nyaris tidak akan ada masalah untuk program PPDB yang dilaksanakan di sekolah negri.  Pasalnya, dia mengaku,  sekolah yang dipimpinnya menjual kualitas pendidikan.

“Kami sekolah swasta untuk PPDB tahun ini tidak memiliki masalah.

Bahkan di tahun ini kita menolak 50 persen  siswa dari jumlah yang ada.  Tahun ini ada 150 calon siswa yang mendaftar dan kami hanya menerima 70 siswa.  Kenapa kita tidak menerima semua, karena kami tidak ingin memaksakan jumlah anak dengan rasio kelas.  Kami takut akan memperburuk sistem belajar nantinya, ” ujarnya.

Abdilah menambahkan,  dalam PPDB tahun ini di SDI Labschool Bani Saleh melakukan seleksi untuk syarat penerimaan siswa baru.  Seleksi itu diantaranya yang utama adalah umur,  kemudian akademis,  seleksi motorik minat dan bakat serta kecerdasan dari calon siswanya.

“Kemarin pemerintah mengatakan dilarang ada tes Calistung untuk PPDB

tapi sekolah kami melakukannya.  Hal tersebut sah sah saja karena kami sekolah swasta.  Umur minimum di terima di sekolah ini adalah 6 tahun. Hal itu di lakukan agar sekolah kami menghasilkan lulusan yang bagus bagus,” lanjutnya.

Menururtnya, pihaknya  tidak melawan peraturan pemerintah juga menjadi kunci sukses dari sebuah sekolah.  Cinta tanah air dan damai dengan warga sekolah juga menunjang keberhasilan suatu sekolah.  Kami menganggap warga sekolah ini adalah keluarga.  Sehingga tidak ada yang saling diberatkan disini dan semua terasa menjadi mudah.

“Kemitraan kita dengan keluarga siswa sangat di perlu dijaga dan di eratkan

.  Kami dekat dengan keluarga murid agar membangun keharmonisan di dunia pendidikan.  Pasalnya di sekolah siswa hanya  memiliki waktu sebentar dan dirumah itulah siswa memiliki waktu yang banyak. Sehingga komunikasi dengan orang tua jangan sampai putus demi memantau perkembangan anak, ” terangnya.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/

About the author